Beberapa Kasus Hacking Terbesar Sepanjang Sejarah

Beberapa Kasus Hacking Terbesar Sepanjang Sejarah

Beberapa Kasus Hacking Terbesar Sepanjang Sejarah

Beberapa Kasus Hacking Terbesar Sepanjang Sejarah

Agen Tangkas Online : Beberapa waktu lalu, sedang ramai berita tentang situ berbagi vidio, youtube, yang down selama beberapa saat. Situs Youtube yang tak bisa diakses atau down karena diretas oleh hacker, akibatnya banyak netizen tak bisa mengaksesnya. Sebelum terjadinya situs youtube yang down, ada juga beberapa hacking yang tergolong besar sepanjang sejarah. Berikut ini beberapa kasusnya.

Jonathan JamesKasus Jonathan James
Seorang pemuda asal Amerika Serikat dikenal sebagai black hat hacker termuda, karena di usianya yang baru 16 tahun dia berhasil meretas ( hack ) sistem keamanan Defense Threat Reduction Agency, yang merupakan cabang Departemen keamanan Amerika Serikat. Lewat aksinya ini, James mampu mencuri username, password dan melihat e-mail rahasia. James juga berhasil meretas komputer NASA dan mencuri sofware yang dicuri James berkaitan dengan stasiun ruang angkasa internasional, termasuk pengaturan suhu dan kelembapan di ruang angkasa. Karena ulah James, NASA harus menutup semua jaringan komputernya dengan biaya USD 41 ribu.

Rumah James lalu digrebek pada tanggal 26 januari 2000 oleh agen dari Departemen Pertahanan, NASA dan polisi setempat. James secara resmi dijatuhi hukuman tahanan rumah selama 6 bulan dan masa percobaan, dan diwajibkan menulis surat permintaan maaf kepada NASA dan Departemen Pertahanan. Dia juga dilarang mengunakan komputer untuk tujuan rekreasi hacker. Namun, James kemudian melanggar masa percobaan karena ia terbutkti positif menggunakan narkoba dan kemudian diterbangkan ke Alabama, Namun, setelah 6 bulan berjalan James pun bebas bersyarat. James juga menegaskan akan mulai membangun perusahaan keamanan komputer.

Tanggal 17 Januari 2007, perusahaan besar TJX dilaporkan terkena hack dan mempengaruhi sistemnya. Akibatunya, banyak data pelanggan dan nomor kartu kredit pelanggan nya yang dicuri. Polisi pun mencurigai James sebagai pelaku nya dikarenakan james memang mengenal para hacker yang terlibat dalam kasus TJX itu. Dan pada tanggal 18 mei 2008 hidup James pun berakhir, dia melakukan bunuh diri di kamar mandi dengan cara menembakkan pistol ke kepalanya. Alasanya adalah ia takut dihukum karena kejahatan yang tak dilakukan nya. Dalam surat wasiat James yang berisi “Saya sejujur-jujurnya tidak ada hubungan dengan TJX. saya tidak percaya pada sistem keadilan. Mungkin dengan apa yang saya lakukan ini,beseta surat ini akan mengirimkan pesan kuat pada publik. saya tak punya kendali atas situasi ini, dan hanya dengan cara inilah saya akan mengambil kendalinya.”

Gary McKinnon
Selama ini badan antariksa Amerika Serikat ( NASA ) diklaim telah sengaja menutup-nutupi sejumlah bukti keberadaan alien dan UFO yang sudah mereka dapat. Hal itu diungkapkan oleh hacker yang telah berhasil membobol sistem milik Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat. Dalam sebuah wawancara dengan saluran youtube Richplanet TV, Gary mengaku menemukan banyak foto asli yang disimpan NASA. Foto tersebut tidak seperti yang dilihat publik, karena sebelum dirilis sudah melewati beberapa kali proses penyuntingan gambar. Sebagian foto yang ditemukan membuat objek aneh yang ia simpulkan sebagai Alien, UFO atau objek antariksa lain nya yang memang tidak boleh diketahui oleh publik. Objek itu sengaja dihilangkan sebelum foto-foto dirilis.

Selain itu, Gary juga mengklaim Angkatan laut AS juga punya sejumlah data mengenai armada yang diperuntukan perpindahan ke luar angkasa dengan mengirim petugas non terestrial. Diungkapkan, ada 30 perwira yang terdaftar sebagi petugas non-terestrial itu. Menurut Gary, pemerintah AS telah membuat suatu proyek pembuatan pesawat antariksa antar bintang ia sebut sebagai “The Solar Warden.” Pemerintah AS mengklasifikasikan nya sebagai pesawat dengan inisial “United States Star-Ship” atau USSS. Hal inilah yang membuat pihak NASA dan m dan militer AS melaporkan Gary ke pengadilan di Inggris. Namun karena kurangnya bukti atas dugaan peretasan yang dilakukan, Gary pun dilepaskan kembali.
Karena berhasil membobol NASA dan situs militer Amerika Serikat Kasus ini dikenal sebagai salah satu kasus hacking terbesar sepanjang sejarah.

Baca Juga :

Shares