Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk Dan Tidak Bau

Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk Dan Tidak Bau

Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk Dan Tidak Bau

 

Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk Dan Tidak Bau

Agen Tangkas Online : Siapa yang tidak tau dengan jengkol? Mayoritas penduduk Indonesia menyukai makanan satu ini, namun seringkali orang-orang tidak paham bagaimana cara memasaknya dengan benar agar jengkol tidak berbau dan juga keras untuk dimakan.

Biasanya jengkol dimasak menjadi 2 jenis masakan yang paling umum. yakni jengkol balado dan jengkol rendang. Namun sekarang jengkol bisa dikreasikan menjadi banyak menu lain yang tidak kalah lezatnya. Selain rasanya yang lezat, jengkol sendiri memiliki kandungan gizi yang tinggi juga loh guys, diantaranya Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Zat Besi, Protein, Fosfor dan lain-lain. Meskipun banyak orang Indonesia yang menyukainya disamping rasanya yang khas dan lezat, sebagian orang justru menjauhi makanan ini dikarenakan jengkol memiliki bau yang terbilang sangat pekat dan cukup mengganggu.

Untuk itu kami menyediakan beberapa tips agar jengkol yang kamu olah tidak berbau dan juga empuk ketika dimasak, yuk disimak!

Pemilihan Jengkol

Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk Dan Tidak Bau

Yang pertama penting untuk memilih jengkol yang tepat. Didalam memilih jengkol yang baik kamu harus perhatikan, bahwa jengkol yang baik adalah jengkol yang sudah tua, tapi juga harus diperhatikan sisi jengkolnya. Bisa dilihat apakah berlubang atau tidak, kadang jengkol yang tua ada yang sudah membusuk, jadi pilihlah jengkolnya dengan teliti ya guys!

Perendaman Jengkol

Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk Dan Tidak Bau

Selanjutnya adalah merendam jengkol sebelum diolah, setelah sesaat kamu membeli jengkol, jangan langsung dimasak ya guys. Rendam jengkol terlebih dahulu selama kurang lebih 6-12 jam dengan menggunakan air es atau yang lebih baik disarankan dengan menggunakan air kapur sirih, tenang saja proses ini tidak akan mengurangi kelezatan jengkolnya kok guys.

Perebusan Jengkol

Setelah proses perendaman, yang harus dilakukan adalah merebusnya, rebuslah jengkol dengan menggunakan air yang dicampur dengan daun jeruk purut atau daun jambu biji hingga empuk. Cara ini sangat ampuh dan dijamin dapat menghilangkan bau dari jengkol yang sangat pekat, dan juga dapat menghilangkan kandungan racun yang ada pada jengkol. Tidak perlu lama-lama dalam merebus jengkol nya ya guys, cukup sebentar saja, karena jika kamu terlalu lama merebusnya, jengkol bisa hancur.

Pengolahan Jengkol

Nah kini saatnya kalian memasaknya ya guys. Saat kalian memasak jengkol, disarankan untuk memasak tidak terlalu matang ya, karena apabila kalian memasak terlalu matang bisa menyebabkan jengkol hancur ketika dipilih. Pemilihan jengkol bertujuan agar bumbu lebih meresap sempurna ketika sedang dimasak.

Bagaimana guys tidak sulit bukan untuk memasak jengkol dengan benar? Jadi bagaimana guys apakah kamu tertarik untuk memasaknya sendiri? Tapi setelah makan jengkol jangan lupa untuk menggosok gigi ya guys, karena jika kamu tidak menggosok gigi kamu maka teman kamu bisa pingsan guys! hehe

 

Baca Juga : Inilah Kastil-Kastil Bersejarah Dengan Suasana Magis

Shares