Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan yang Terbaik

Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan yang Terbaik

AGEN BOLA TERBAIK –¬†Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan yang Terbaik Mesin merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah mobil, hampir setiap calon pembeli menanyakan seberapa hebat mesin dari sebuah mobil yang akan dibeli. Mesin menyalurkan tenaganya melalui roda, entah roda belakang atau roda depan.

Seringkali muncul perdebatan penggerak roda depan atau belakang yang sebenarnya lebih baik. Pada dasarnya, baik depan ataupun belakang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hal itu tergantung kepada kebutuhan si calon pembeli. Untuk mengulasnya, berikut fakta-fakta mengenai penggerak depan dan belakang pada sebuah mobil:

1. Apa itu penggerak roda depan?

Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan, Mana yang Terbaik?

Singkatnya adalah sesuai dengan namanya yaitu penggerak roda depan, yaitu ketika mesin mobil menyalurkan tenaganya ke dua roda depan untuk menggerakkan mobil. Penggerak roda depan sendiri sering dipandang sebelah mata karena performanya yang tidak sehebat penggerak roda belakang.

Contoh mobil yang menggunakan penggerak roda depan adalah Honda Mobilio dan Mistubishi Xpander. Simak poin ketiga untuk mengenal lebih jauh apa itu penggerak roda depan.

2. Apa itu penggerak belakang

Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan, Mana yang Terbaik?

Penggerak roda belekang pada prinsipnya sama dengan penggerak roda depan namun letak perbedaannya adalah mesin menyalurkan tenaganya ke dua roda belakang melalui sebuah tunnel. Kebanyakan mobil di Indonesia memang menggunakan penggerak roda belakang seperti Toyota Avanza.

3. Kelebihan dan kekurangan penggerak depan

Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan, Mana yang Terbaik?
Kelebihan penggerak roda depan adalah biaya produksi lebih rendah karena pemasangannya pun tidak terlalu sulit serta tidak harus menyalurkan ke roda belakang melalui tunnel sehingga bobot mobil menjadi lebih ringan.

Kekurangan dari penggerak roda depan adalah titik tumpu berat mobil yang berada di depan yang kurang stabil apabila mobil berisi penumpang penuh serta lebih rawan mengalami kerusakan mesin akibat benturan dengan jalan berlubang karena posisi roda dan penggerak yang berada pada satu tempat yang sama.

4. Kelebihan dan kekurangan penggerak belakang

Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan, Mana yang Terbaik?
Sementara pada penggerak roda belakang memiliki kelebihan seperti desain yang sederhana dan tidak mudah rusak saat melintasi jalan yang tidak mulus, serta titik keseimbangan yang tepat sehingga jika diajak manuver akan lebih stabil.

Kelemahannya adalah bobot mobil yang bertambah akibat penambahan tunnel saluran tenaga akan menyebabkan mobil akan lebih boros, serta performa yang kurang baik pada kondisi jalan licin karena kontrol traksi yang tidak maksimal pada roda belakang.

5. Kesimpulan

Kontroversi Mobil Penggerak Belakang dan Depan, Mana yang Terbaik?
Bagi kamu yang ingin memiliki mobil untuk kondisi jalan yang kurang baik serta ingin memuat banyak penumpang, maka pilihan mobil penggerak roda belakang bisa menjadi solusinya. Namun jika untuk mobil sehari-hari di dalam perkotaan yang notabene memiliki kondisi jalan yang cukup baik, maka mobil penggerak depan bisa menjadi solusi. Semuanya tergantung kepada kebutuhan kita masing-masing akan mobil, jadi jangan salah pilih guys.
Shares