Manfaat-Manfaat Luar Biasa Dari Olahraga Berenang

Manfaat-Manfaat Luar Biasa Dari Olahraga Berenang

Manfaat-Manfaat Luar Biasa Dari Olahraga Berenang

Manfaat-Manfaat Luar Biasa Dari Olahraga Berenang

Agen Tangkas Online : Kebanyakan orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, pasti suka berenang. Dan bahkan biasanya berenang menjadi ajang rekreasi yang paling banyak dipilih untuk menghabisan akhir pekan bersama keluarga.

Tapi dibalik keasikan berenang, ternyata ada banyak sekali manfaat dari berenang untuk kesehatan yang membuat renang lebih unggul daripada olahraga lainnya. Manfaat dari renang sendiri sudah tidak diragukan lagi, mari guys kita simak apa saja keunggulannya jika dibandingkan dengan olahraga lain.

Bisa dilakukan oleh siapa saja

Renang bisa dilakukan oleh semua orang , baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan orang yang berkebutuhan khusus pun bisa melakukannya. Manfaat renang sendiri juga bisa dirasakan oleh orang yang mengalami rematik, gangguan muskulosketal dan masalah berat badan, tentu saja hal ini memperjelas bahwa renang bisa dilakukan oleh siapa saja. Saat anda memasukkan tubuh ke kolam dengan air setinggi pinggang, maka tubuh anda hanya menanggung 50% dari total berat badan anda. Dan ketika tinggi air mencapai dada, anda hanya menopang 25-35% dari berat badan anda, semakin tinggi air yang anda masuki maka semakin kecil pula berat badan yang harus anda topang.
Ini semua dipengaruhi oleh daya apung air selama berenang, itu mengapa manfaat renang dapat dirasakan oleh semua orang. Meskipun anda punya masalah pada otot dan tulang, anda tidak perlu khawatir akan merasa kesakitan karena daya apung di dalam air membantu meringankan nyeri sekaligus meningkatkan kebugaran.

Menguatkan otot di seluruh bagian tubuh

Apakah anda mencari sebuah olahraga yang bisa meggerakkan seluruh tubuh tapi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana sekaligus menyenangkan? Berenang adalah pilihan yang tepat.
Bukan hanya terasa menyenangkan ketika dilakukan, namun ketika anda berenang, seluruh tubuh anda akan bergerak aktif. Tangan dan kaki anda otomatis akan melawan arus air agar bisa bergerak maju, sementara itu otot-otot pinggul, otot-otot pinggul, punggung dan perut juga bertugas untuk menstabilkan kepala, badan dan juga tulang belakang. Mekipun kelihatannya tidak seperti sedang berolahraga, gerakan-gerakan renang bisa membantu melatih kekuatan otot. Jika dilakukan sebagai olahraga aerobik, manfaat renang yang anda rasakan tentunya akan semakin besar. Mulai dari melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, menguatkan jantung dan menjaga kesehatan paru-paru, seseorang yang sering melakukan renang cenderung memiliki paru-paru yang lebih kuat daripada orang-orang biasa lainnya.

Resiko cedera lebih kecil

Kalau dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya, berenang memiliki resiko cedera yang paling kecil. Hal ini dipengaruhi oleh daya apung air yang bisa membantu mengurangi beban tubuh selama di dalam air.
Jika dibandingkan dengan berlari, sendi-sendi kaki bisa beresiko mengalami cedera karena berat badan ditopang oleh kaki selama anda berlari.
Sedangkan pada saat anda berenang, persendian justru terlindungi dari stres dan tekanan karena dorongan air bukanlah sesuatu benturan keras yang membahayakan.

Tapi lain halnya dengan atlet renang profesional, resiko cederanya bisa jadi lebih besar. Atlet renang akan lebih beresiko mengalami cedera bahu dan lutut akibat gerakan tangan dan kaki secara berulang-ulang. Jadi buat kamu yang baru saja belajar renang, bisa menjaga agar kamu tidak telalu memaksakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya.

 

Baca Juga : Sejarah Komodo Sang Dinosaurus Terakhir di Muka Bumi

Shares