Senjata Suku Dayak Yang Ditakuti Musuh Sepanjang Zaman

Senjata Suku Dayak Yang Ditakuti Musuh Sepanjang Zaman

Senjata Suku Dayak Yang Ditakuti Musuh Sepanjang Zaman

Senjata Suku Dayak Yang Ditakuti Musuh Sepanjang Zaman

Agen Tangkas Online : Suku Dayak yang masyarakatnya mendiami asli pulau kalimantan. Suku yang terkenal dengan sangar dan menakutkan, Apalagi saat bertarung dengan musuh-musuhnya. Suku Dayak bukan hanya mengandalkan senjata tradisional yang mereka gunakan saat bertarung namun juga menggunakan kekuatan sihir yang ada di senjata sekaligus orang yang menggunakan nya. Berikut senjata suku Dayak yang sangat mengerikan hingga ditakuti banyak orang.

Mandau


Sejenis pedang yang dibuat khusus oleh suku dayak, dikatakan khusus karena pembuatanya harus melalui ritual adat yang masih sangat kental dengan ilmu sihir dan mistis. Selain itu seseorang yang membuat nya itu pun bukan orang sembarangan dia bersama bahan besi beserta alat-alat yang digunakan sudah diberi mantra-mantra khusu oleh ketua atau pemimpin adat. Setelah senjata mandau tersebut jadi, maka akan disimpan hanya digunakan untuk melawan musuh dan tujuan pembuatan Mandau tersebut adalah untuk menghabisi semua musuh. Bahkan, Ketajaman Mandau saat membabat semua musuh sudah terkenal sejak dulu pada saat zaman penjajahan belanda.

Sipet atau Sumpit


Senjata ini terbuat dari bambu yang sudah didesain khusus dengan lubang di tengahnya. Orang Dayak akan memasukan sebuah jarum ke dalam batang bambunya, lalu meniupnya sekuat tenaga. Dengan begitu jarum nya akan mengarah ke target yang dituju. Jarum yang ditembakan bukan sembarangan karena sudah diberi racun alami yang sangat mematikan. Orang Dayak yang menggunakan sumpit juga sudah terlatih maka dari itu sedikit kemungkinan meleset sasaran nya. Di zaman sekarang senjata Sipet atau Sumpit ini digunakan oleh suku dayak untuk berburu di hutan dikarenanakan sudah tidak ada lagi musuh namun apabila ada musuh mereka tetap menggunakan senjata-senjata nya untuk melawan dan mengahabisi musuhnya.

Lonjo


Senjata ini berwujud tombak panjang dengan mata tombaknya berbentuk beberapa macam. seperti halnya Mandau yang hebat, lonjo yang digunakan untuk berperang bagi bagi orang dayak dikeramatkan. Senjata tersebut dipercaya memiliki energi dari arwah orang-orang yang sudah dibunuh dengan Lonjo. untuk sekarang, Lonjo juga dijadikan barang souvenir atau kenang-kenangan bagi wisatawan yang berkunjung ke kalimantan. Soalnya senjata Lonjo ini cocok untuk dihias pernak-perniknya yang cantik.

Baca juga :

Shares