Tips Bagi Kamu Yang Pertama Kali Ingin Naik Pesawat

Tips Bagi Kamu Yang Pertama Kali Ingin Naik Pesawat

Tips Bagi Kamu Yang Pertama Kali Ingin Naik Pesawat

 

Tips Bagi Kamu Yang Pertama Kali Ingin Naik Pesawat

Agen Tangkas Online : Seperti yang kita ketahui, sekarang ini sangat banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket dengan harga yang murah dan terjangkau, tentu saja dengan adanya hal ini menjadikan semua orang lebih memilih menaiki transportasi yang satu ini, dikarenakan lebih aman, nyaman dan tentu saja menghemat waktu lebih banyak.

Biasanya orang-orang memilih naik pesawat dikarenakan perjalanan yang jauh, baik itu urusan kerjaan, urusan keluarga, maupun hanya sekedar liburan. Namun bagi kamu yang ingin mencoba menaiki pesawat dan ini kali pertama kamu menaiki pesawat, mungkin kamu akan bingung apa yang akan dilakukan ketika pertama kali ingin mencoba transportasi yang satu ini, nah kali ini kami akan memberikan beberapa tips buat kamu-kamu yang pertama kali menaiki pesawat. Yuk mari kita simak!

Datanglah Lebih Awal

Buat kamu dan siapa saja yang ingin berangkat menggunakan pesawat, sebaiknya kamu datang lebih awal ke bandara minimal 2 jam sebelum jam keberangkatan. Jika kamu datang dengan waktu yang mepet, itu semua akan membuat kamu terburu-buru. Kenapa kamu harus datang lebih awal ketika kamu ingin menaiki pesawat? Karena ada beberapa hal yang harus kamu lakukan setibanya di bandara. Seperti pemeriksaan keamanan, check in, melewati boarding pass, mencari terminal keberangkatan sesuai dengan maskapai yang telah kita pesan juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kamu yang pertama kali ke bandara.

Pemeriksaaan Keamanan

Begitu kamu sampai ke bandara, kamu harus melewati yang namanya pemeriksaan keamanan. Pemeriksaan keamana di bandara sangat ketat, biasanya akan ada dua kali pemeriksaan. Yang pertama, kamu akan diminta untuk melepaskan jaket, semua jenis logam yang ada di tubuh contohnya seperti jam tangan, ponsel, gelang dan lain sebagainya. Kamu akan diperiksa menggunakan metal detector dan tidak akan ada yang bisa mengelabuhi petugas, jika kamu nekat membawa masuk barang berbahaya, petugas tidak akan segan untuk mengamankan kamu. Pemeriksaan yang kedua dilakukan ketika kamu akan memasuki ruang tunggu naik pesawat, untuk pemeriksaan yang kedua ini difokuskan kepada benda cair yang dibawa oleh penumpang, penumpang dilarang membawa benda cair melebihi 100 ml ke dalam kabin. Jika kamu membawa perlengkapan tubuh berbahan cair contohnya seperti parfum, jangan bawa dengan volume tidak melebihi 100 ml ke dalam kabin.

Check In

Setelah selesai dari pemeriksaan petugas, carilah loket yang sesuai dengan maskapai penerbangan yang kamu naiki. Antri lah dengan tertib demi kenyamanan bersama. Jika giliran kamu sudah tiba, kamu akan diminta untuk menunjukkan tiket atau tiket elektronik yang kamu beli, beserta identitas kamu seperti KTP. Bagi kamu yang ingin terbang keluar negeri, petugas akan meminta paspor sebagai bukti identitas kamu. Barang bawaan kamu juga harus ditimbang di loket ini, jika koper atau tas kamu melebihi kuota, kamu harus siap membayar lebih. Jika semua prosedur tersebut telah selesai, kamu akan diberikan boarding pass sebagai tanda masuk ke dalam pesawat lengkap dengan nomor bangku. Bagi kamu yang tidak tau apa itu boarding pass, kamu bisa mencari tau terlebih dahulu apa itu dan bagaimana bentuknya ya.

Imigrasi

Proses ini hanya berlaku bagi kamu yang akan pergi ke luar negeri. Setelah kamu selesai check in, kamu harus melewati petugas imigrasi, petugas akan memeriksa paspor kamu melalui mesin scan. Selain itu petugas juga akan memeriksa kecocokan foto paspor dengan wajah kamu. Dan yang terakhir, mereka akan memberikan cap stempel keberangkatan di paspor kamu sebagai tanda kamu melewati tahapan ini.

Boarding Pass

Setelah semua proses diatas telah kamu lewati, kamu bisa menuju ruang tunggu pesawat. Setiap maskapai penerbangan memiliki ruang tunggu yang berbeda, disini perhatikanlah boarding pass kamu yang kamu dapatkan ketika kamu check in. Di boarding pass ada dituliskan dengan jelas di gate berapa kamu harus menunggu pesawat, jika kamu tidak tahu soal ini, kamu bisa bertanya kepada petugas yang ada di bandara. Kamu juga harus perhatikan jam terbang dan boarding di pesawat.

Di Dalam Pesawat

Di ruang tunggu pesawat, ada speaker yang akan memberitahukan kapan waktunya kamu harus naik ke pesawat, jika kamu sudah mendengar panggilan keberangkatan, berbarislah dalam antrian dengan tertib. Sesudah kamu memasuki kabin, carilah tempat duduk sesuai dengan yang tertera pada boarding pass kamu. Apabila kamu mengalami kesulitan, janganlah malu untuk bertanya kepada pramugarinya. Duduklah sesuai dengan nomor bangku yang tertera pada boarding pass, letakkan barang bawaan kamu di bagasi kabin. Gunakanlah segera sabuk pengaman kamu, matikan ponsel dan dengarkan petunjuk keselamatan yang diperagakan oleh pramugari pesawat.

Sekian tips dari kami buat kamu yang ingin mencoba naik pesawat untuk pertama kalinya, bagaimana? apakah kamu tertarik berencana akan naik pesawat dalam waktu dekat ini?

 

Baca Juga :

 

Shares