Waspada Bahaya-Bahaya Apabila Kamu Sering Begadang

Waspada Bahaya-Bahaya Apabila Kamu Sering Begadang

Waspada Bahaya-Bahaya Apabila Kamu Sering Begadang

Waspada Bahaya-Bahaya Apabila Kamu Sering Begadang

Agen Tangkas Online : Sepertinya hampir semua orang pernah begadang, entah itu karena mengerjakan tugas, bekerja, atau hanya sekedar bermain-main saja. Yang jelas tuh sekarang makin banyak orang yang gemar untuk begadang. Mereka berpikir bahwa beraktifitas di malam hari itu lebih efektif, padahal kenyataaannya gak begitu lo!

Dan faktanya, terlalu sering begadang justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan, memang efek buruknya gak terjadi secara spontan loh, tapi efek buruknya akan terlihat dalam jangka waktu panjang. Efek yang paling buruk adalah bisa menyebabkan penyakit kronis.

Untuk lebih detailnya, berikut beberapa bahaya yang mengintai kamu apabila kamu terlalu sering begadang, terutama jika usia kamu 20-an.

Menurunkan fungsi syaraf otak

Sebuah penelitian di Universitas Aachen, German. Melakukan penelitian scanning otak terhadap 59 relawan. Mereka dibagi menjadi 3 kelompok.
1. 16 orang yang cukup tidur
2. 23 orang yang terbiasa begadang
3. 20 orang yang kadang tidur cukup, kadang begadang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang punya kebiasaan begadang dominan memiliki materi putih yang tidak proporsional di berbagai area otaknya, materi putih ini merupakan jaringan lemak yang bertugas mengatur komunikasi antar neuron, serta mengirimkan sinyal ke area tubuh. Menurut ilmuwan bila materi putih itu gak proporsional, maka bisa menimbulkan risiko penderita mengalami gangguan fungsi kognitif serta adanya risiko depresi.

Mengganggu organ reproduksi, menurunkan tingkat kesuburan di usia muda

Kebiasaan kurang tidur malam bisa berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan, memang sih belum ada bukti nyata terkait hal ini, tapi para pakar medis sepakat mengatakan jika begadang bisa memicu stres dan menggaggu siklus tubuh. Hal tersebut juga berefek pada terganggunya hormon reproduksi.

Bikin badan cepat gemuk (obesitas)

Hal ini sepertinya udah bener banget, bahwa saat seseorang gak cukup tidur di malam hari, maka siklus tubuhnya akan berantakan, hal ini akan mengacaukan fungsi-fungsi hormonnya sehingga tingkat nafsu makan akan meningkat dan akan selalu merasa lapar, jadi sudah jelas apabila kamu banyak makan dampaknya adalah kamu bisa jadi gemuk.

Menurunkan sistem imun tubuh, tubuh jadi gampang sakit

Sistem kekebalan tubuh sangat dipengaturi oleh kualitas tidur di malam hari, jika seseorang terbiasa begadang maka jelas sistem kekebalannya juga akan terganggu. Kurang tidur akan mengacaukan fungsi tubuh, dan efeknya adalah membuat sel-sel proinflamasi meningkat, sel tersebut menurunkan fungsi imun tubuh dalam melawan infeksi sehingga akibatnya tubuh menjadi rentan terserang penyakit.

Menigkatkan resiko penyakit diabetes atau penyakit kencing manis

Seseorang yang terbiasa begadang akan rentan mengalami kenaikan gula darah, dimana untuk pria resikonya naik 1 kali lipat, sementara untk wanita beresiko 2 kali lipat. Adapun alasannya kenapa begadang bisa menyebabkan diabetes, ini semua dikarenakan kebiasaan kurang tidur malam hari mengganggu fungsi metabolisme tubuh. Dan apabila metabolisme tubuh gak berjalan lancar, maka bias memicu tubuh mengalami intolerasi terhadap gula/glukosa. Dampaknya gula darah jadi mudah naik dan meningkatkan resiko diabetes.

Resiko hipetensi yang berdampak pada penyakit jantung koroner dan stroke

Bahaya yang terakhir jika kamu sering begadang maka bisa memicu resiko hipertensi. Seseorang yang kurang tidur biasanya rentan mengalami stres. Hal tersebut bisa menyebabkan naiknya tekanan darah, seiring waktu hipertensi bisa memicu gangguan ginjal dan resiko penyakit seperti, jantung koroner hingga stroke.

Nah, itu tadi guys beberapa bahaya dari kebiasaan begadang, serem banget gak sih? Jadi mulai sekarang cobalah untuk merubah kebiasaan apabila kamu suka begadang, tidurlah pada malam hari tepat waktu paling tidak 7-8 jam, sayangi dirimu dan kesehatanmu ya sebelum terlambat.

 

Baca Juga : Sejarah Komodo Sang Dinosaurus Terakhir di Muka Bumi

Shares